Minggu, 11 November 2012

Disinilah Awalnya....

Standard
Hello Guys...
Maufi akan memulai postingan pertama di blognya dengan mengucapkan basmallah.
Bismillahirahmanirrahim...

Maufi ingin berbagi cerita untuk kalian sebagai pembaca setia blog ini. :D
Pada waktu itu, Maufi melihat postingan kegiatan Gerakan UI Mengajar di group Mahasiswa UI 2012. Karena Maufi suka sekali berbagi ilmu yang dia punya dan ingin sekali mengabdikan dirinya untuk masyarakat, khususnya di daerah yang jarang terjamahi oleh orang, maka dia sangat tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tetapi, untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut, Maufi harus melalui 4 tahap seleksi, yaitu:

1. Tahap I – Seleksi Administrasi
2. Tahap II – Seleksi Substantif
3. Tahap III – Simulasi Mengajar
4. Tahap IV – Tes Fisik

Maufi sudah melengkapi formulir yang harus diisi dan dikumpulkan paling lambat tanggal 20 September 2012. Tiba saatnya pengumuman seleksi Tahap I. Alhamdulillah Maufi lolos seleksi. Bersyukur banget sama Allah SWT. Rasanya itu senang sekali, kejutan dari Allah! :-)

Sudah lolos tahap I, lanjut menjalankan tahap berikutnya, yaitu Seleksi Substantif. Pada tahap ini, seluruh peserta diharuskan untuk membuat esai dengan tema "Pendidikan Karakter". Tugas esai ini merupakan tiket untuk melakukan Wawancara. So, Maufi membuat esai tersebut dan akhirnya mendapatkan jadwal wawancara tanggal 8 Oktober 2012 di Aula Setyanigrum, Pusgiwa UI (Pusat Kegiatan Mahasiswa). Berbagai jenis pertanyaan telah di jawab. Pengumuman Tahap II, yaitu pada tanggal 27 September 2012.

Saat melihat pengumuman seleksi Tahap II, dengan rasa deg-degan dan penuh do'a, Maufi men-scroll down pengumuman tersebut dan mencari nama "Maufiroh" pada daftar peserta yang lulus seleksi Tahap II. Namun, nasib berkata lain, maufi tidak lulus seleksi tahap ini. Dalam hatinya berkata, "Belum diberi kesempatan sama Allah, inilah yang terbaik, Allah pasti akan memberikan yang lebih baik dari ini", mencoba untuk tegar.

Walaupun masih kecewa karena belum diberi kesempatan untuk pergi ke desa Kertaraharja, Pandeglang, Banten, Maufi tetap bersyukur karena telah lolos 1 tahapan seleksi. Dan mendapatkan pengalaman dalam wawancara. Honestly, wawancara kegiatan GUIM adalah wawancara pertama yang Maufi alami. Yeaaah, akhirnya Maufi tahu bagaimana rasanya wawancara. :-)

Tidak berhenti sampai situ saja ternyata, Maufi tetap mencari informasi mengenai kegiatan "berbau" sosial dan pengabdian masyarakat di group Mahasiswa UI 2012. Saat itu, tanggal 19 Oktober 2012 sekitar pukul 21.00, Maufi men-scroll down group Mahasiswa UI mencari kegiatan pengabdian masyarakat, dia terus men-scroll down, men-scroll down, dan akhirnya matanya tertuju pada satu postingan mahasiswa lain..........



Berpikir sejenak...Apa ini? Kegiatan apa ini? LCC UI? Langsung saja Maufi membuka website LCC UI untuk mengetahui profil LCC UI. Setelah melihat-lihat foto kegiatan, mengklik sana-sini, dan pada saat membaca postingan di web LCC UI dengan judul The 4th Mini Workcamp, mata Maufi terhenti pada kalimat,
 "Bagi dirimu yang mungkin bingung ingin melakukan apa di Hari Raya, haus akan pengabdian dan pengalaman, rindu akan cinta kasih, maka event ini cocok banget untuk kamu! :D"
Tanpa pikir panjang, dengan mengucapkan bismillah, Maufi segera mendaftarkan diri dan meng-sms CP kegiatan tersebut pada hari terakhir pendaftaran. Lama sekali menunggu balasan~~~
Lalu, terlintas di pikiran Maufi, "Mungkinkah ini pengganti dari GUIM? Toh lokasinya sama-sama di Tangerang. Mungkinkah? "

Hingga hari esok tiba dan pada malam harinya Maufi mendapatkan sms untuk melakukan wawancara dengan Nikita di FIK. Yep, wawancara untuk kedua kalinya dalam hidup Maufi dengan kak Nikita di payung-payung FIK. ;-)
Daaaaaaaan sampailah pada hari pengumuman, Maufi mendapatkan sms dari CP kegiatan ini bahwa Maufi di terima sebagai Camper di acara 4th Mini Workcamp di Sitanala. "Alhamdulillah ya Allah terimakasih, mungkin inilah yang terbaik dariMu." dalam hatinya. :-)

"Aku tidak akan mencoret salah satu impian yang aku tulis di atas kertas impian ini. Biarlah Allah yang mencoretnya, aku yakin bahwa Allah akan segera memberi gantinya dengan hal yang lebih indah. ;-)"

Tuliskan mimpimu dengan pensil dan berikan penghapusnya pada ALLAH…izinkan DIA menghapus bagian yang salah dan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih indah (Ismail Suardi Wekke)
 Lalu, apa yang terjadi pada Maufi selanjutnya? Apa yang terjadi saat dia berada di Sitanala mengikuti 4th Mini Workcamp ? Tunggu postingan berikutnya yaaaa... tetap setia 'kepo-in' blog ini. ;-D