Jumat, 01 Mei 2015

Aku Bak Bunga

Standard

Hai! Sudah lama tak bersua melalui tulisan ;)
Anyway, Selamat Hari Buruh! :)
Tebak Aku mau cerita apa kalau judulnya seperti ini? Anyone can guess? :P
"Aku Bak Bunga"
Aku menilai bahwa Aku sempat menjadi seperti bunga yang mekar beberapa minggu lalu. Tahu bagaimana prosesnya bunga itu mekar? Ya, dari benih dulu! Dari benih, apakah langsung menjadi bunga? Nggak dong ya. Masih perlu dikasih pupuk dulu biar cepat muncul calon bunga yang akan mekar, harus disiram air juga supaya batang, tangkai, akar, dan daunnya tidak layu dan harus ada yang merawat. Enak ya jadi bunga? :3 Tapi nggak lama setelah mekar, bunga itu akan menggugurkan daun-daun mahkotanya, membiarkan dirinya sebagai tempat reproduksi antara benang sari dan putik supaya jadi calon bakal buah. Hingga akhirnya jadilah buah yang biasa kita makan! Yummy :3 Atau bunga itu harus mengakhiri hidupnya karena dipetik untuk kebutuhan manusia.

Setelah ku refleksikan diriku, proses yang Aku lalui pada Februari-April 2015 kemarin membuat diriku seperti bunga. Ya, proses seleksi mahasiswa berprestasi di fakultasku. Menurutku, proses kompetisi itu cukup menguras tenaga dan pikiran selama kurang lebih dua bulan lamanya. Tahapan pertama, seleksi berkas dan administrasi, kemudian wawancara. Pada kelengkapan berkas, yang harus dikumpulkan adalah esai dengan tema "Penguatan IPTEK dan Inovasi dalam Keperawatan" sebanyak 1500-2000 kata dan CV. Selanjutnya, pada tahap wawancara, digali alasan mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi dan tentang diri kita. Ada yang pakai Bahasa dan ada yang in English. Aku sudah pasrah saja dengan hasil yang ada. Kirim berkas aja sudah bersyukur karena berhasil mengalahkan ketakutan dan dogma negatif terhadap diri sendiri. Bismillah.....singkat cerita, 
Ini posternya! I never imagined, this is my second poster after senior high school! >.<
Aku dapat pesan WhatsApp dari panitia kalau lolos Top 6 Finalists! Percaya nggak percaya. Oke, ini kuasa Allah semata. Berarti harus berjuang lebih keras lagi di tahap berikutnya. Tahap select my opinion dan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI). Pada tahap 6 besar mapres ini membuat diriku seperti proses menuju kemekaran bunga. 

Pada tahap select my opinion, kami diberi mosi dan memberikan pendapat selama 3 menit, 5 menit saling argumen dengan satu peserta lain, dan 10 menit terakhir ask&question from judges. I did mistake on this stage, I think. Tapi.....teman-teman KSM datang memberi dukungan, teman-teman angkatan 2012 juga memberikan dukungan, dan yang pasti orang tua selalu mendoakan disetiap proses ini sehingga perasaan itu dapat memudar namun tidak sempurna. TERHURA kalau ingat gambar ini. While I was presenting my opinion in front of three judges, my lovely friend sent me a picture of myself with supportive message. If you were me, How did you feel? :')

Mereka adalah penyemangatku!

Tahap terakhir, Karya Tulis Ilmiah! I do appreciate for everyone who already helped me! Sungguh, banyak sekali orang yang terlibat dalam proses penyelesaian KTIku hingga presentasi. Kak Tita, selaku pembimbing KTI. Tim talent scoutingku, Nim, Eneng, dan Raudha. Tanpa mereka, KTIku nggak akan bisa dikumpulkan pada waktu yang tepat karena diriku lagi ada di Jember. :* Ada lagi, Damay dan Kak Ghivo yang sudah mau jadi pengisi suara Bonini (boneka alat peraga gagasan KTIku). Menggelegar. Haha... :3 Untuk Nim, Dessy, Tiara, Isti, Ayu, dan Devi, yang bantuin buat boneka Boniniku! Ah, superb banget! Mamake, yang sudah membantu memberikan kritik untuk KTIku. Satu pertanyaan darimu dilontarkan oleh juri. :P Triyul, yang sudah dengar rehearsal presentasiku saat H-beberapa jam presentasi KTI. Kak Fay, mencontohkan Aku teknik presentasi yang amazing di Jember dan memantau gerakan tubuhku ketika presentasi, so touchy! Fai, yang sudah membantu koreksi summary KTIku! Dan semua yang sudah vote, one of them is Dara (ngaku directly :p) dan semuanya yang tidak bisa disebut satu-satu tapi selalu dihati!

Sesi Presentasi KTI :3
 In the end, Alhamdulillah dengan segala syukur, pada malam apresiasi mahasiswa berprestasi, dapat penghargaan Mapres dengan KTI Terbaik. Allah Maha Mengetahui mana yang terbaik untuk semua umatnya. Ya, I do believe that

Ini, untuk semuanya! Makasih juga Bonini! :3
 
Bersama Kak Yustia, Mamake, dan Ela! Love!

Tanda cinta lagi, dibuatin Meme. hehe :3
Perjuanganku ini tidak sendiri. Bagiku, penghargaan itu tidak hanya untukku saja tetapi juga untuk mereka-mereka yang sudah ikut kontribusi. Apabila Aku menyelesaikan proses itu sendirian, I'd do nothing. Bak bunga, hasil yang kudapat berasal dari banyak support, sokongan air, pupuk, dll supaya mahkota bunga dapat mekar. Semua ini tidak akan dapat Aku peroleh tanpa keterlibatan banyak pihak. :) Apa yang Aku dapat haruslah bermanfaat untuk orang lain jua. Aku punya hutang atas apa yang telah Aku raih. Semangat berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan bermanfaat untuk orang lain! ;) Ah, Aku dapat bunga dari temanku yang sangat lovely, Ela. Bak Bunga dapat bunga, hehe.. :")

#BernalarMembangunNegeri
#BersamaMasyarakatMemberiManfaat, slogan K2N UI 2015. See you on my next story ;)