Kamis, 11 Desember 2014

Sobi Camp #2 : Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan

Standard
Dear readers, mohon maaf sekali tidak bisa memenuhi janji untuk posting kegiatan Sobi Camp setiap hari karena kendala waktu dan jaringan internet. Fyuh~

Pagi hari, sayang sekali rasanya kalau tidak dimanfaatkan untuk menikmati alam dalam sejuknya udara pagi di Trawas kala itu. Akhirnya Aku memutuskan untuk pergi jalan-jalan pagi bersama Nezha dan Yare. Pemandangan disana sangat indah. Di tengah perjalanan, kami bertemu dengan empat orang lainnya, yaitu Andini, temannya Nezha, Sam, dan Jimmy. Lalu, kami pergi ke situs prasati Batu yang tersembunyi. Menarik sekali! Ini dia potretnya! :)




Tema kegiatan hari kedua Sobi Camp adalah "Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan" atau bisa disebut dengan MHMMD. MHMMD adalah tim yang dikhususkan untuk melakukan training kepada sekelompok orang untuk mengelola kehidupan dan merencakan masa depannya. Singkatnya, tim MHMMD di inisiasi oleh seorang wanita yang luar biasa bernama Marwah Daud Ibrahim atau biasa dikenal dengan Bunda Marwah. Kami, para peserta Sobi Camp diberikan pelatihan dan ditempa oleh tim MHMMD untuk menjadikan pribadi kami yang lebih baik.

Aku merasa beruntung mengikuti gathering nasional Sobi Camp 2014 meskipun meninggalkan 1 Ujian Akhir Semester dan 1 pengambilan nilai role play Keperawatan Kesehatan Masyarakat dan Perkotaan. Kami, para Sobat Bumi Angkatan 4 diarahkan oleh Tim MHMMD untuk menemukan potensi dan arah tujuan masa depan kami. Selama dua hari berturut-turut kami di training dan di bimbing untuk menemukan "Apa potensi diri kami?". Kami harus melewati 12 langkah yang sudah disusun oleh tim MHMMD. Kami diajak untuk menganalisis kelebihan dan passion kami. Tidak hanya itu, kami juga diajak untuk menyelam kedalam masa lalu dan mengingat siapa tokoh paling berpengaruh dalam hidup kita.

Pada sesi sharing tentang mimpi kami masing-masing, Aku menyimpulkan bahwa sesi tersebut mengajarkan kami untuk berani berbicara tentang mimpi besar kita. Saling percaya dan mendoakan akan apa yang telah kita impikan. Ya, itulah yang jarang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, sulit menemukan suatu kondisi dimana kita berada dalam satu wadah yang memiliki visi misi yang sama dan saling mendukung. Unforgottable moment. Aku mau cerita tentang mimpi partner sharingku. Dia mempunyai mimpi untuk menjadi bussiness woman. Akan tetapi, tidak hanya sekadar bussiness woman biasa, Dia akan mengembangkan usahanya berdasarkan potensi daerahnya di Sumbawa. Alih-alih cerita, Aku baru tahu kalau di Sumbawa terkenal dengan air susu kuda liar loh. Susu sapi kalah terkenal di Sumbawa. Bahkan ada produk permen susu kudanya! Jadi semakin semangat buat keliling Indonesia buat melihat kekayaan alam yang Allah berikan. :')

Sesi Sharing Impian
Lalu, ada pemateri yang sangat menginspirasi Aku secara pribadi, yaitu Mas Farid Gaban. Beliau ini adalah jurnalis The Geo Times dan Jamrud Foundation. Beliau ini mengelilingi Indonesia dengan menggunakan sepeda motor bekas bersama seorang temannya. Dari hasil ekspedisinya mengelilingi Indonesia dari Sabang hingga Merauke, beliau membuat sebuah buku berjudul "Meraba Indonesia" dan "Taman Laut". Dengan begitu banyak keterbatasan yang ada, beliau berhasil membuatku iri untuk mengelilingi Indonesia.Ya, termasuk salah satu impianku. :") Beliau berkata bahwa modal terbesar untuk keliling Indonesia adalah modal nekat. Aku belajar darinya bahwa kita harus meniadakan keterbatasan yang ada untuk menggapa mimpi. Kalau kata pepatah, yakinlah bahwa masih banyak jalan menuju Roma. :)

Meraba Indonesia
Sesi Sharing Mas Farid Gaban

Hari itu merupakan waktu dimana Aku bisa me-recharge semangatku kembali di sela-sela padatnya perkuliahan dan sebagai bahan bakar untuk menjalani UAS. Allah tahu mana yang paling baik untuk ummatnya. :)