Minggu, 19 April 2015

Bertolak ke Pulau Dewata, Bali

Standard
Siapa yang tidak kenal Bali? Yang bahkan Pulau ini lebih terkenal daripada pada negaranya sendiri di kalangan orang luar negeri. Nah, saya akan mengajak teman-teman untuk mengeksplor Bali lebih dekat! Yuk! ;)

1. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun, khas Bali
Destinasi pertama adalah Pura Taman Ayun. Pura merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu di Bali. Lokasi Pura Taman Ayun berada di Desa mengwi, Kabupaten Badung. Tahukah kamu? Pura ini masuk ke dalam list World Heritagenya UNESCO loh. Tempat ini begitu bagus, rapi, bersih, dan tentunya bersejarah. Wajar saja sih, kan tempat beribadat ya. Hehe.. Namun, tempat ini boleh dikunjungi oleh masyarakat dengan membayar sekian rupiah, kecuali penduduk Bali, gratis. So, kamu harus jadi warga Bali dulu kalau mau ke sini dengan cuma-cuma. :p Ahya, satu lagi. Kalau bisa, kalau ingin berkunjung ke sini, pastikan kamu yang kaum hawa tidak sedang menstruasi, karena dilarang masuk. Ya, karena pura tempat suci untuk beribadah. :))

2. Tanah Lot

Itu lubang di bawahnya yang unik :)
Destinasi kedua, Tanah Lot! Tanah Lot ini sangat terkenal sekali di Bali. Pemandangannya sangat indah. Perpaduan antara laut, langit, bumi, dan pura. Sebenarnya Tanah Lot ini merupakan Pura. Pura Tanah Lot berada di pinggir pantai. Tanah lot ini terdiri dari dua kata, yaitu Tanah yang ditafsirkan sebagai karang tampak seperti gili atau pulau dan Lot atau Lod yang memiliki makna laut. Jadi, Tanah Lot berarti pulau kecil mengambang di laut. Uniknya Pura Tanah Lot ini adalah karena letaknya yang berada di atas laut. Menarik bukan? :)

Panas loh di sini!

3.  Sawah Terasering

Siapa bilang Bali cuma punya pantai, laut, atau Pura? Bali juga punya sawah loh! Sawah Terasering ini ada d Tegalalang, dekat Ubud. Penampilan sawahnya begitu cantik undakan-undakan sawah. Saya mengenalnya sebagai Terasering. Sebenarnya pengunjung bisa turun ke sawah tersebut. Namun, saya tidak melakukannya karena ingin berkunjung ke tempat lainnya. Tapi, rasanya dulu waktu tahun 2012 pernah turun juga sih. rasanya kayak di pedesaan gitu. Mendengar gemericik aliran air sungai. Sejuk. Selain itu, banyak juga pengrajin dan toko-toko yang menjual hasil kerajinan tangan. Salah satu contohnya adalah kaca perca. Kamu harus berkunjung ke sini. :)

Ini dia! Sawah Terasering

 4. Don Antonio Blanco Museum

Pintu masuk museum
Kalau kamu tertarik terhadap sejarah seni lukis di Bali, kamu harus mengunjungi Museum Blanco ini. Lokasinya berada di Ubud. Tiket masuk ke museum ini sejumlah Rp 30.000 saja sudah mendapatkan drink. :) Kalau dilihat ke dalam, sebenarnya museum ini seperti rumah dari pelukis yang dijadikan museum. Tempat ini juga mengadakan pertunjukkan tarian Bali di waktu-waktu tertentu. Kamu juga bisa berfoto dengan burung-burung jinak yang cantik di luar museum ini. :3 Mau tahu lebih lanjut? Klik di sini! :) 

Mau? ;)


5. Monkey Forest

Destinasi terakhir, yaitu Monkey Forest! Sudah ketahuan ya dari namanya, hutan monyet. Haha..Saya paling suka tempat ini dari 5 tempat yang saya kunjungi, entah kenapa. Lebih banyak tertawa karena melihat tingkah makhluk-makhluk lucu yang bernama monyet. :3 FYI, monyet di tempat wisata ini di lepas loh. Nggak dikurungin kayak di kebun binatang. Setting tempat ini seperti hutan. Ada sungai juga di dalamnya. Alami sekali~ Kadang kamu akan merasa terancam karena banyak monyet di sekelilingmu. Kadang pula kamu akan tertawa secara tidak sadar akibat tingkahnya yang lucu. Kalau ke Bali, mesti berkunjung ke sini! :))
Jalan di Monkey Forest
Selamat datang, di Monkey Forest :D
Indonesia, negeri alam ku cinta
Indonesia kaya raya alam-nya
Indonesia kaya budaya
Indonesiaku!
Ayo, eksplor Bali dan Indonesia! :D

*Photo credit: Sabila
*PIC : Maheswari dan temannya :3