Senin, 29 Juni 2015

Resume Pre-K2N UI

Standard
Halo, readers! Selamat menempuh ibadah puasa di hari ke-11 Ramadhan! :)

Beberapa bulan silam, saya memutuskan untuk menempuh perjalanan dan yang pasti petualangan baru dalam hidup saya yang sudah melewati 21 tahun di dunia yang fana ini. Keputusan itu adalah daftar K2N UI 2015! Ya, keputusan itu sudah saya timbang-timbang. Kalau lolos, syukur Alhamdulillah. Kalau ndak lolos, yasudah, berarti belum waktunya atau mungkin akan ada hal yang lebih penting lagi untuk di urus. Alhamdulillah, Allah memperkenankan saya untuk bertualang pada perjalanan baru di K2N UI 2015. :)

Jadi, saya ingin sekali me-resume kegiatan-kegiatan seleksi untuk menjadi peserta sah K2N UI 2015. Ya! K2N UI ini punya seleksi yang cukup ketat dan membutuhkan usaha serta ke-istiqamah-an (konsistensi) dari calon pesertanya untuk sah menjadi peserta.

1. Lolos Seleksi Berkas!

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa seleksi K2N UI ini cukup panjang. Menurut pandangan saya, gerbang utama untuk menjadi peserta sah adalah lolos berkas. Apa syaratnya? Bisa dicek di web K2N UI. Ini penting dan harus disiapkan sebaik mungkin. Alhamdulillah, saya lolos berkas bersama 128 peserta lainnya. Banyak ya? ya! Tapi, tetap saja ada yang terseleksi di tahap ini. What's next?

2. Uji Konsistensi

Sebenarnya, tahap berikutnya adalah tahap pembekalan selama satu bulan. Pembekalan materi setiap hari Sabtu dan Minggu. Pembekalan ini masuk dalam penilaian dan salah satu pra-syarat lulus jadi peserta sahnya K2N UI 2015. Selain harus mengobarkan waktu weekend ini, calon peserta harus menulis materi di logbook harian dan masuk penilaian juga. Maka dari itu, saya menyebut tahap ini sebagai tahap Uji Konsistensi. Ya, tahap ini memang sangat penting karena memberikan materi-materi yang sekiranya sangat penting untuk turun di lapangan nanti dan sebagai bekal juga nantinya. Calon peserta, mulai berguguran dengan alasannya masing-masing. Berlakulah seleksi alam.

3. Bina Mental

Tahap terkahir, bina mental dan fisik! Tahap ini ibarat harga mati untuk lulus K2N UI. Puncak dari segala tahapan seleksi. Bina mental dan fisik ini dilaksanakan tanggal 12-16 Juni 2015 bertempat di Grup 3 Kopassus Cijantung. Lima hari kami, calon peserta ditempa untuk di beri nilai-nilai keberanian, kedisiplinan, nasionalisme, jiwa corsa (rasa solidaritas), dan keyakinan. Saya akan bercerita tentang 5 hari Bina Mental Fisik pada chapter khusus. :3

Btw, Alhamdulillah sudah pengumuman penempatan. Saya ditempatkan di Riau, bersama 41 peserta lainnya. FYI, peserta lolos K2N UI sejumlah 81 orang dari 129 calon peserta. Ya, untuk mengabdi pada masyarakat perlu kesungguhan dan keteguhan hati. Bersama Masyarakat Memberi Manfaat! Sampai Jumpa pada ceritera berikutnya. ;)

Spoiler Chapter Khusus Bintal K2N :3

2 komentar :

  1. Terbayarkah pengalamannya di Riau setelah 5 hari ditempa di kopasus ? Keren nih iin :))

    BalasHapus
  2. Dwinda! Makasih udah mampir. :D Bukan terbayar lagi dwin..tapi, Anugerah...haha :3

    BalasHapus

Yuk, berikan komentarmu! :D No spam comment yaaaaa..