Selasa, 21 Januari 2020

Dosa (Batin) yang Tersembunyi

Standard
Dosa Batin yang Tersembunyi



Judul buku : Dosa (Batin) yang Tersembunyi

Pengarang : Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Buthi

Penerbit : Penerbit Layar
Tahun terbit : Oktober 2019
Tebal buku : 111 halaman
Harga buku : Rp 45.000



Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh di dalam jasad ada segumpal daging, yang jika ia baik maka baik pula seluruh jasad tersebut, dan jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad tersebut. Segumpal daging itu adalah hati."

Buku ini merupakan buku terjemahan yang berjudul asli Bathin al-Itsm: al-Khatr al-Akbar fi Hayah al-Muslimin. Pembahasan utama buku adalah mengenai dosa batin yang tersembunyi, sesuai judul bukunya. Penulis dengan sangat terstruktur dan sistematis serta dengan bahasa yang ringan dan lugas dapat membuat pembaca memahami alur pemikiran penulis terhadap tema yang dikupas. 

Dosa batin yang tersembunyi, adalah hawa nafsu. Penulis memaparkan dengan banyak bukti dari A-Qur'an dan Hadits yang membahas tentang urgensi pentingnya menyadari bahaya dosa batin ini. Penjelasan dalam buku sangat mampu membuat pembaca menyadari dan membuat pembaca melakukan refleksi diri terhadap topik utama yang dibahas. Tidak hanya pada tahap menyadarkan pentingnya permasalahan ini, penulis juga menyajikan solusi terhadap masalah. Solusi pertama adalah perenungan mengenai diri manusia dan tempat kembalinjya kelak, pengawasan Allah SWT kepada manusia alias instropeksi diri. Solusi kedua adalah membiasakan diri untuk selalu mengingat Allah dengan banyak berdzikir, wirid, tilawah Al-Qur'an. Solusi ketiga adalah memperbanyak doa dan permohonan serta merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Solusi keempat adalah menghindari memakan sesuatu yang haram.

Dalam penjabarannya, penulis menyertakan contoh-contoh yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga sangat mudah untuk dipahami dan diresapi sebagai bentuk refleksi diri. Hal yang menjadi poin lebih adalah penulis selalu menyertakan sumber Al-Qur'an dan Hadits yang berkaitan dengan topik-topik pembahasan dengan sangat jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Pencantuman sumber-sumber tersebut tidak dapat diragukan lagi karena penulis buku ini merupakan ulama besar asal Turki yang menguasai ilmu tafsir.

Saat membaca buku ini, penulis seakan menaruh "ruh" pada setiap kata yang tertulis sehingga membuat pesan dari buku ini sampai ke dalam hati para pembaca. Selain itu, hal menarik lainnya adalah penutup dari buku ini. Penulis tidak menutup buku ini dengan kesimpulan yang biasa. Penulis menutup bukunya dengan sangat manis, mengajak para pembaca untuk berjanji melakukan perbaikan diri sesuai pesan-pesan yang disampaikan dalam isi buku dengan tajuk "Mari Kita Berpisah dalam Sebuah Perjanjian".

Kelemahannya adalah pembaca akan mendapat pemahaman secara utuh dalam buku ini hanya dengan membacanya secara urut dari awal hingga akhir. Jika dibaca dengan melompat-lompat maka kesinambungan dan pesan yang disampaikan penulis kurang bermakna.

Buku ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca bagi kaum muslimin karena menyangkut persoalan sehari-hari dan sangat penting sekali untuk menjernihkan kebersihan jiwa serta mampu memotivasi untuk meningkatkan iman. 

                                        Bookpodcasting : #2 Dosa (Batin) yang Tersembunyi bagian 2


Personal Rate : 10/10

0 komentar :

Posting Komentar

Yuk, berikan komentarmu! :D No spam comment yaaaaa..