Rabu, 19 Juli 2017

Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur'an

Standard

Siapapun Anda, Anda adalah pengahafal Al-Qur'an

Judul                   : Rahasia nikmatnya menghafal Al-Qur'an
Pengarang Buku : D.M Makhyaruddin
Penerbit Buku     :Noura Religi
Kota terbit           : Jakarta
Tahun terbit         : 2013
Tebal                   : 292 halaman


Sinopsis

"Sesungguhnya menghafal Al-Qur'an itu tidak membutuhkan metode, tetapi yang dibutuhkan dalam menghafal Al-Qur'an hanyalah niat, mujahadah, dan istiqamah"

Menghafal Al-Qur'an mungkin adalah keinginan kebanyakan muslim dan muslimah. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak qari' muda dan hafidz Qur'an, yang menginspirasi banyak kaum muda-mudi. Buku ini berisi pengalaman penulis selama menghafal Al-Qur'an dan banyak pesan-pesan yang memotivasi pembaca untuk tidak pantang menyerah dalam menghafal Al-Qur'an.

Penulis buku ini menghafal 30 juz hanya dalam waktu 56 hari. Tulisannya pun memaparkan hal-hal esensial terkait menghafalkan Al-Qur'an, yaitu dimulai dari alasan mengapa ingin menghafal, cara menghafal, cara menjaga hafalan, dan bagaimana menikmati hafalan Al-Qur'an. Selain itu, buku ini menyadarkan bahwa menghafal tidak hanya sekadar hafal saja namun menghafal yang berkarakter dan berkualitas bagi penghafalnya.

Penulis membagi tulisannya menjadi tiga bagian besar. Bagian pertama, penulis memaparkan tentang persiapan mengarungi keindahan Al-Qur'an. Hal ini meliputi hal esensial ketika seseorang berniat untuk menghafal serta membahas tentang komitmen ketika sudah niat untuk menghafal. Bagian kedua, penulis memaparkan tentang metode dan unsur-unsur yang diperlukan untuk menghafal. Bagian terakhir, penulis memaparkan tentang penjagaan hafalan Al-Qur'an, termasuk metode secara teknis maupun penjagaan yang berkaitan dengan perilaku yang harus dimiliki penghafal Al-Qur'an agar hafalannya dapat terjaga. Pada setiap bagian ini mengandung kalimat-kalimat yang memotivasi. 

Kelebihan

Kelebihan buku ini adalah pesan-pesan yang disampaikan oleh penulis dapat memotivasi pembaca untuk menjadi penghafal yang berkarakter dan berkualitas. Penulis juga mampu menggugah hati pembaca dengan tulisannya karena disertai dengan cuplikan kisah zaman Rasulullah SAW dan beberapa potongan hadits. Tidak hanya itu, penulis juga memaparkan beberapa tadabbur ayat-ayat Al-Qur'an.

Kekurangan

Catatan kaki pada buku terletak di belakang, sehingga perlu membolak-balikkan lembar buku untuk melihat penjelasannya.