Minggu, 23 Juli 2017

Tadabbur Al-Qur'an (1)

Standard
Bismillahirrahmanirrahiim (Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)


Sampaikanlah walau hanya satu ayat. Begitu pesan baginda Nabi Muhammad SAW.


Sewaktu lebaran kemarin, Mama saya bilang kalau ia kagum sekali dengan ustadzahnya dulu. Ustadzah mama sangat royal terhadap ilmu yang dimilikinya, sekecil, sesedikit apapun ilmu itu. Katanya, ilmu itu harus dibagikan, masalah rezeki, Allah sudah mengaturnya untuk setiap hamba-hambanya. Maka dari itu, jangan pernah takut untuk berbagi kepada orang lain, terutama ilmu. I was so amazed, jadi ikut kagum dan agak merinding dengarnya. I learned  a lot, after many thoughts running in my head. Thus, I think that it is good to made it as one of principle in life.

Jadi, ceritanya habis dari kajian, dan dapat ilmu ini dari Ustadz Ahmad Ibnu Syam, tentang mengahadapi permasalahan hidup. Permasalahan apapun itu, pekerjaan, per-jodoh-an, per-duit-an (?), de el el. Beliau bilang, jawabannya ada di surat Al-Baqarah ayat 45.


وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
(Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. Q.S Al-Baqarah; 45)

Telusur punya telusur, saya searching di google, keluarnya bukan ayat 45. Tapi ayat 153. Ternyata Allah bilang dua kali, hal yang sama.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
(Hai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Q.S Al-Baqarah; 153).


The Guide. Petunjuk. Ketika dirundung permasalahan, tindakan pertama adalah sabar. Tapi sabar saja tidak cukup. Maka perintahnya setelah sabar adalah shalat dan meminta pertolongan pada Allah (berdoa). Ustadz bilang kalau memanjatkan do'a itu harus terus-menerus. Jangan kadang doa, kadang nggak. Do'a nya juga harus yakin. Yakin kalau Allah mengabulkan doa yang dipanjatkan.

Kalau dirasa doa belum dikabulkan? 

Sabar dan tetap yakin, dan terus berdoa. Husnudzan, Allah pasti akan memberikan yang terbaik.

Ingat kisah Nabi Zakaria.....
Ia berkata:”Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdo’a kepada Engkau, ya Tuhanku.
Q.S Maryam ayat 4
Kesimpulannya, hal yang perlu diperhatikan : shalat yang bisa menjadi solusi dalam berbagai permasalahan hidup adalah sholat yang khusyuk, yang baik dan benar, sesuai rukun dan syarat sahnya shalat dan melakukan shalat hajat. Berdo'a di waktu-waktu yang mustajab dan tempat yang mustajab..


In my opinion,  hidup rasanya tentram dan adem kalau bersama Al-Qur'an. Mengamalkannya adalah kunci kebahagiaan yang hakiki. Semangat ber-upgrade diri. Belajar itu sepanjang hayat. #terusbelajar #belajarterus


Wallahu a'lam.

Semoga Bermanfaat. :)



Cileungsi,

23 Juli 2017